Khosyi First Outing with PAUD Al Irsyaad

Khosyi Look Exciting !

Tadinya pertama ragu nyekolahin Khosyi di PAUD tapi setelah hadir di preview sharing dengan Bunda2nya ( sebutan gurunya ) akhirnya saya dan istri setuju untuk nyekolahin Khosyi di PAUD ( Pendidikan Usia Dini ) Al Irsyaad Komplek DKI Joglo yang kebetulan deket banget sama rumah ogut :) . Dan setelah jalan 4 bulan ternyata keputusan saya tepat ! metode pembelajarannya sesuai keinginan dan doa ogut :) yaitu holistic school yaitu belajar dengan tubuh/fisik, jiwa, dan pikiran jadi menyeluruh ” Holistic “.  Bukan promo nih ya.. emang recommended school for PAUD trust me, jadi yang tinggal daerah Ciledug, Joglo dan punya anak dibawah umur 5 tahun ayoo buruan daftar di PAUD Al Irsyaad hehe..

Alhamdullilah Kamis kemarin 20 Oktober 2010 Khosyi berangkat outing ke peternakan Cisarua Integrated Farming di Cisarua, Bogor. Outing ini  sendiri bagian dari program Al Irsyaad bulan Oktober mengenai binatang yaitu Sapi dari daging, kulit, hingga kotorannya sangat bermanfaat bagi manusia. Nah puncaknya ya outing ini, setelah teori diajarkan makan terkahirnya praktek dan melihat langsung Great !! Hebatnya lagi, semua murid termasuk Khosyi yang baru berumur 3 tahun tidak disertai orang tuanya dengan tujuan belajar mandiri dan semua orang tua setuju untuk anaknya tidak ditemani :) .

Pagi itu semua orang tua mengantarkan anaknya, setelah menunggu di luar Khosyi akhirnya keluar  ngantri dari pintu sekolah untuk menaiki bis ditemani bundanya. Terlihat pas udah di bis Khosyi look soo exciting !! dan semua orang tua terlihat seneng banget melihat anaknya ternyata bisa mandiri dari jalan, duduk di bis, makan, dll . Sampai2 ada yang sampe nangis, mungkin belum biasa ninggalin anaknya selama gini. Saking semuanya terlihat seneng,senyum otomatis supir bis dan asistennya kebawa seneng dan enjoy..inilah effectnya kalo deket2 sama anak kecil hati2 jadi kebawa seneng. That’s the power of energy.. Mungkin bisa berbeda mood si supir bis ini kalo yang di ajak outing anak SMP/SMA hehe..intinya yaah main kuat2an energy. Sama seperti jika kita dalam suatu lingkungan, kita kebawa ke lingkungan tsb ?  atau kita yang mempunyai kuasa terhadap suasana hati kita..lah kok jadi nyasar belajar NLP hahahha…ya gpplah sambil nyelem ambil mutiara hehe… semua kejadian pasti ada pelajaran yang dapat diambil, tul kan?

Alhamdullilah Khosyi pulang dengan selamat dan acara lancar..Alhamdullilah terima kasih Ya Tuhan atas nikmat ini..

Salam bahagia dan riang gembira dari hati yang paling dalam :)

Udet dan Keluarga

Advertisements

21 thoughts on “Khosyi First Outing with PAUD Al Irsyaad

  1. hahaha….hihihi…. pas banget infonya-nih…
    tapi bolehkah bertanya no telp paud-nya??? ke email…thx ya…soalnya saya masih buta arah di ciledug…thx banget loh….

    1. Dear mba Dila,

      Biayanya 2.5-an bulanannya 370 tp termasuk makan siang mba, dateng aja lgs tanya2 gratis kok.mereka welcome semua dan ga memaksa.

      Btw aku mas mba hehe

  2. Hi mas..
    N mau nanya jg niy..disana metode pembelajarannya muridnya aktif kan?! Ga model old school gitu yg pasif..hanya gurunya aja yg nerangin..
    Aq siy pernah nelp jg ke sana..belajarnya tiap hari ya n cukup lama jg utk ukuran PAUD..apa anak2 sekecil itu ga bosen ya?! Makanya itu yg bikin sy ragu..kan biasanya PG aja masuknya seminggu 3x n cuma 2 jam
    Tx b4

    1. Mba nunik persis bener sama saya, tdnya saya ragu bakal betah ga karna senin-jumat sampe jam 11:30. Alhamdullilah Khosyi enjoy aja dan seneng.Indikatornya sih simple yaitu anak kita mba, kl dia males skolah brarti mesti di cek sekolahnya. Metodenya beda bgt kok dgn konvensional.Tp syarat wajib di al irsyad wali murid harus mengadiri 1 bln skali utk membahas acuan tema utk bln berikutnya dan sharing mengenai yg akan diajarkan disekolah agar pengajaran dirumah sinkron dgn di paud.Jadi bkn sekedar nitip anak skolah trus wali murid lepas aja..

      Demikian mba 🙂

  3. Hi mas txs bgt ya atas penjelasannya..emg sy jg pgn pengen survey siy kesana,tp makasih bgt ya udh dijelasin jg ;))
    Ya emg sy nyari school yg sehati n sejiwa sm didikan yg sy terapkan n harapkan,moga2 al irsyad spt yg sy mau..

  4. lohaha..mas..sy mau tanya.
    anak sy kan udh 3.5thn,sy mau sklhin paud.
    tp ada yg blng PG aja skalian pljaran’a lbh bagus.ada membaca/menulis.
    trz menurut mas gmn?bgs lgsg PG/paud dulu ya?
    klo d paud ini ada dance’a ga mas?
    sory klo bnyk tanya y..
    btw,brapa biaya masuk paud’a mas?
    tq_winie

    1. Hai mba winnie, sebenernya untuk baca tulis belum waktunya mba…nanti juga bisa kok baca tulis jangan terlalu dipaksa anak kita untuk baca tulis sampai2 di less-in segala. Kalo aku tujuannya sih untuk stimulus otaknya seperti benda2, nyusun balok, main air, yang semuanya main main. Kita ini korban pendidikan orde baru yang berdasarkan akademis, nilai, hafalanc. Aku sarain mba coba kunjungi web ayahkita.com atau join di komunitas ayahedy di Facebooknya atau beli bukunya Ayah Edy bagus2 mba mengenai metode mendidik anak yang kita banyak salah kaprah sampai saat ini.

      Oh ya untuk biaya PAUD relatif terjangkau dibawah 5jt.

      Semoga bermanfaat ya

  5. Dibantu infonya dunk bunda2….,al irsyadnya bisa untuk penitipan anak juga g ya? atw boleh di bantu info tempat penitipan anak di daerah ciledug

  6. Assalamualaikum,
    Pak Udet saya tertarik bgt mau masukin anak2 ku Al-Irsyaad. Tapi berhubung saya tinggal di luar kota skrg ini jadinya gak bs dtg langsung kesana. Mau tanya lewat bapak aja dulu yaa, mudah2an pak idet bs bantu saya. Disana ada PR gak pak?? Disana benar2 sistem belajarnya fun kan?? Tidak mengutamakan akademis??? Krn saya gak mau anak2 msk TK yg jejelin anak2 dgn PR dan pelajaran yg padat… Makasih sebelumnya pak…

  7. Waalaikum Salam Uchie,

    Wah kalau tinggal diluar kota mending disekolahkan di dekat2 rumah saja ya bun tapi ya itu bunda harus samperin ke sekolah2 tsb dan menanyakan dengan detail metode dan konsepnya belajarnya jika perlu siapkan list pertanyaan dan liat2 situasi sekolahnya dari kebersihan, kerapihan dll.

    Untuk paud sendiri sifatnya seharusnya masih bermain sambil belajar dan tidak ada PR. Alhamdullilah di Al Irsyaad so far masih cocok dgn saya dengan metode sentra, ada sentra peran, sentra cooking sentra musik, sentra ibadah dll. Jadi setiap hari anak2 beda2 sentranya sesuai tema.

    Betul bun saya juga kurang nyaman dengan mengutamakan akademis. Tapi kita juga sebagai orang tua tidak juga mentah2 “menitipkan” pendidikan anak oleh sekolah ini juga salah.

    Inget bener pesen dari kepala yayasan PAUD/SD Al Irsyaad joglo bahwa pendidikan atau sekolah yang paling baik adalah di rumah 🙂 dan sayapun masih belajar terus untuk menjadi contoh orang tua yang benerr hehe

    Semoga bermanfaat ya bunda

  8. Assalamualaikum Pak Udet,

    Akhirnya gak jd nyekolahin di al irsyad soalnya gak ada TK nya kata tante saya yg waktunitu nanya2 kesitu. Tp kmarin lewatin situ sempet kebaca ada SD nya ya sekarang??? Kebetulan lg nyari SD buat si sulung. Ada info soal itu gak pak?

  9. Mualaikum Salam Bunda Uchie bukannya TK sama PAUD sama ya bun? iya sekarang udah ada SD baru ada kelas 1,2,3.Anak saya angkatan pertamanya hehe.. dateng aja bun tanya2 kepala sekolah SDnya bunda Mimin atau bertemu dengan kepala yayasannya Bunda Ani

    semoga membantu

  10. Pak Udet, untuk kualitas SD nya bgmn? Udh akreditasi blm? & scr keseluruhan apakah siswa dpt bersaing dg sekolah lainnya? Terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s