Euphoria dan Fenomena TimNas 2010 !

Bener2 fenomenal TimNas Indonesia di piala AFF Suzuki tahun 2010 ini. Energinya luar biasa di tengah2 bangsa ini yang sedang dilanda  krisis identitas sebagai bangsa yang besar, TimNas memberikan euphoria yang begitu fenomenal yang memberikan rasa nasionalisme yg gak nanggung2 kepada seluruh rakyat Indonesia. Dari tukang bakso, satpam, artis, politisi, sampe Presiden !

Dalam kondisi system PSSI yang bobrok, erat sekali dengan nuansa KKN, politik , orang2 yang gak tau udah berapa dekade di dalam sana, system ticketing di GBK, dan buanyaakkk lagi..tapi masyarakat gak peduli itu smua, mereka sudah muak ! Masyarakat sudah cinta tanpa syarat dengan TimNas bukan PSSI ya..tolong dicatat 🙂 . Ini terlihat ketika sepulang saya dari kantor tgl 29 Desember 2010 saya melewati daerah karet sampai daerah senayan macet parah dibanjiri massa yang bernuansa merah semuanya, saya melihat keluarga dengan anak2nya di pinggir jalan mungkin menunggu angkot/bis , ada keluarga yang membawa anaknya yg masih balita sedang tertidur di bangku belakang motor dengan suaminya dan anaknya satu lagi didepan semuanya masa menggunakan atribut TimNas yang serba merah ! Subhanallah batin saya.

Mereka semua datang ke GBK hanya karena Cinta kepada TimNas Indonesia, that’s it !

Selain Timnas,masyarakat Indonesia berterima kasih kepada pelatih Alfred Riedl yang dapat merubah pasukan TimNas yang dulu sarat dengan pemain titipan serta nuansa politik . Alfred Riedl berhasil membuat perubahan besar2an untuk formasi TimNas. Di antaranya dua pemain naturalisasi Christian Gonzales dan Irfan Bachdim yang sangat menjadi sorotan media. Saya juga sangat tersentuh ketika Christian Gonzales setiap kali mencetak gol , sambil berlari dia selalu mencium logo Garuda di kostum Timnas wow! orang bule,  gak lahir di Indonesia bisa begitu !!! pertandingan sepak bola bersekala dunia lagi ! rada malu hati rasanya.  But thanks El Loco for remind Indonesian people to be proud for their country.

Namun sayang untuk PSSI sampai saat ini masih untouchable untuk di reformasi atau pembaruan pengurus 🙂 tapi saya yakin cepat atau lambat kelak 🙂

Fenomena Timnas berdampak pada seluruh rakyat Indonesia, rasa nasionalisme timbul kembali, kebanggan dan energi tersendiri memakai baju TimNas saat ini.

Saya rasa untuk menumbuhkan ekonomi, pertahanan, dan kebangkitan Indonesia bukan hanya sisi pertanian, lapangan kerja saja namun di bidang Sepakbola juga harus dipikirkan sebagai cabang olahraga yang paling digemari oleh rakyat Indonesia. Emang gak nyambung tapi saya yakin akan sangat berdampak 🙂

” Berjuanglah layaknya seorang laki-laki, kawan. Adik-adik kita akan menjadikan kalian teladan! ”

Kata2 barusan saya ambil dari dari tulisan salah satu blogger yang menulis surat untuk Firman Utina sebelum pertandingan Final 29 Desember 2010 . Isi suratnya sangat inspiratif banget, rugi kalo gak baca.

Detail bisa klik http://itonesia.com/surat-untuk-firman/

We always support and love you TimNas ! keep flyin and  playin with joy Garuda !

Udet

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s