happy ied 1432 H

2011 ini hari lebaran tidak sesuai dengan tanggal di kalender dikarenakan hasil sidang itsbat pemerintah menetapkan tanggal 1 Syawal 2011 jatuh pada hari Rabu 31 Agustus 2011. Saya pribadi dan keluarga manut hasil keputusan para ulil amri ( para ahli ) tersebut yang terdiri dari para ahli-ahli, pakar dibidangnya dalam hal ini penentuan 1 syawal.

Sayapun menghargai saudara2 muslim yang lain yang merayakan Lebaran Selasa 30 Agustus 2011 🙂

Perbedaan adalah rahmat..

Saya dan keluarga ingin mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1432 H

Semoga puasa kita, tarawih kita, doa kita, dan semua amal ibadah kita diterima  disisi Allah SWT dan Insya Allah  kita semua kembali fitri dan layak menjadi pemenang di hari yang Fitri ini Amien..

Semoga Insya Allah kita semua dipertemukan kembali di bulan Ramadhan 2012 Amieen Ya Allah..

Dari lubuk hati yang terdalam saya dan keluarga mohon dimaafkan lahir dan bathin..

Happy Ied 1432 H

Udet dan Keluarga

Advertisements

fenomena bukber

Trend di akhir2 Ramadhan pasti ada bukber sekalian reuni dari temen SD, SMP, SMA, Kuliah, bahkan temen kantor, ex sekantor dsb.

Pasti kita lihat di FB temen2 kita  pada upload foto2 bukbernya yang kebanyakan ada di resto, cafe, lengkap dengan sisa makanan minuman dll.

Si A dimana sekarang, si B kerja apa ya ? lo ngapain sekarang ? tinggal dimana ? anak berapa ? masih tinggal di sana ? dan pertanyaan2 lainnya

Di sela2 percakapan mengenang masa dulu, biasanya akan diadakan Halal Bihalal setelah lebaran, bikin arisan, reuni, bakti sosial, dan lain sebagaianya

Begitulah rutinitas setiap tahun yang biasanya saya alami setiap tahun dan sudah menjadi budaya bagi warga Jakarta khususnya.

Begitulah fenomena bukber

Semoga rutinitas ini bukan sekedar rutinitas saja

Selain menyambung kembali silaturahmi dengan temen-temen yang bertahun2 tidak ketemu namun bisa juga menjadi media sharing mengenai pengalaman kehidupan keluarga, peluang2 bisnis yang mungkin dapat bersinergi dan yang lebih penting adalah dapat berkelanjutan serta membawa manfaat bagi orang banyak. Amien..

udet

rencana sederhana lebaranku 1432 H

Dalam rangka mencoba belajar hidup minimalis, pada mudik lebaran kali ini saya coba merencanakan hal2 sederhana yang pada akhir tulisan nanti ada yang lebih penting untuk direncanakan, berikut rencana2 tersebut

1. Dikala orang2 pada beli baju, celana, sepatu, koko, gamis dll yang baru2 maka saya coba ubeg2 lemari dan coba cari baju,celana, sepatu, ( kecuali underwear yah hehe.. )  yang gak kepake dan masih layak pakai untuk dikasih ke orang2 yg lebih perlu. Siapa bilang harta benda gak bisa dibawah mati, Insya Alloh kalo barang2 kita dikasih ke orang yang lebih membutuhkan maka tu barang Insya Alloh kita “bawa” mati hehe..tapi bukan berbentuk baju pastinya ya.

Salah satu visi misi tahun 2011 ini adalah mencoba kosongin lemari pakaian hingga ibarat ruangan tuh masih sisa banyak untuk udara alias biar gak sumpek ibaratanya kurangin barang itu kurangin urusan. Hikmahnya kalau bosen dengan barang kasih orangnya trus beli baru, jadi gak numpuk di rumah tuh barang2.

2. Dikala orang pada nyari tiket mudik baik itu bus, sewa mobil, nyari mobil second, ngatri tiket kereta, tiket pesawat dll. Apalagi kalo liat di TV walah itu sampe2 belain nginep di stasiun untuk dapetin tiket mudik. Alhamdulillah kalau saya cuma make sure bensin mobil cukup dan mobil sehat walafiat untuk mudik dari Ciledug ke rumah ortu di Bekasi di lebaran pertama lanjut besoknya baru ke rumah saudara di Bogor.

3. Di point 3 inilah yang menurut saya pribadi harus saya rencanakan sebaik2nya yaitu bagaimana ibadah puasa saya, tarawih saya, ngaji saya, dzikir saya, ilmu agama saya, dan ibadah2 yang saya akan dan telah saya lakukan. Apakah saya pantes mendapatkan sertifikat kembali fitri sehabis training sebulan penuh di bulan Ramadhan ini ?

Apapun rencananya semoga banyak manfaatnya yah..

sekian, mohon maaf lahir dan bathin

Udet

 

 

 

lawan dan paksakan

Waktu sholat yang paling lama adalah sholat Isya dan justru pengalaman saya waktu yang paling lama itulah yang paling banyak godaannya, apalagi kalo pulang kerja terus udah rebaan di tempat tidur waduh itu perlu energi ekstra untuk ngelawan si setan hehe..

Namun malam itu untung motor masih parkir diluar, pas lagi enak2nya rebaan di tempat tidur malaspun kian membesar, pokoknya mau langsung pengen tidur aja bawaannya dan untuk sholat Isya tar aja sebelum sahur, begitulah tar tar tar mulu bisikan setan hahahaha..

Namun satu sisi saya coba berdoa dalam hati Ya Alloh tolong semangatin nih badan, supaya disiplin sholat..

Sebelum mata gelap dan sedang mencoba melawan kemalasan istri bilang

” mas motor masih di luar tuh, belum dimasukin ”

Denger kata2 itu mau gak mau yaa harus bangun dari tempat tidur untuk mendorong motor untuk masukin kerumah daripada ilang nanti taro luar 🙂

Setelah masukin dan mengeluarkan tenaga untuk dorong motor, mata badan rada seger kembali, nah pas disinilah kemalasan bisa dikurangi dan kesempatan mengalahkan kemalasan dapat dimenangkan dan merupakan jawaban doa saya.

Alhamdullilah akhirnya saya paksa ambil wudhu dan sholat Isya 🙂

Dari kejadian di atas saya dapat ambil kesimpulan yaitu tips and trik untuk melawan kemalasan adalah LAWAN dan PAKSAKAN.

Ketika pengen membiasakan sholat tepat waktu, paksa paksa, jalanin aja jangan dipikirin pokoknya paksaa !

Jika pemaksaan ini kita rutinkan maka cepat atau lambat akan menjadi kebiasaan yang gak perlu dipaksakan lagi.

Semoga bermanfaat

66 tahun Indonesia merdeka !

Tepat hari ini negara kita yang tercinta Indonesia ultah yang ke 66 tahun ! miris memang sudah 66 tahun tapi kondisi negara saat ini masih dipenuhi orang-orang yang berebut kekuasaan dengan menghalalkan segala cara. Para elite politik di setiap daerah sibuk untuk membuat ‘ dynasty ‘ atau kerajaannya masing-masing.

Apakah kita sudah merdeka ? silahkan lihat postingan ogut sebelumnya tepat satu tahun yang lalu di sini

Daripada merenungi keadaan, kritik, protes, komplain terus mengenai pemerintah, cara yang paling gampang untuk merubah negara ini adalah dengan cara merubah diri ogut sendiri.

Apa yang sudah ogut lakuin untuk merubah diri sendiri untuk menjadi pribadi yang lebih baik ?

Apa yang sudah ogut lakuin untuk keluarga, saudara, orang tua, lingkungan sekitar untuk menjadi pribadi yang bermanfaat ?

Itu saja dulu, jangan pikirin negara, mending pikirin apa yang bisa kita buat untuk menjadi pribadi yang lebih bermanfaat untuk orang lain. Jika kita dapat menjadi pribadi yang banyak manfaat untuk orang lain secara tidak langsung kita sudah berperan dalam merubah negara kita untuk menjadi lebih baik.

Happy Birthday negaraku INDONESIA ! Insya Allah saat ini INDONESIA sedang dalam perjalanan menjadi negara yang makmur, adil, sejahtera, dan negara yang mulia berkah ! Amieen..

Berikut ada video yang saya dapat dari broadcast bbm dari temen tentang keanekaragaman budaya Indonesia, keren ! silahkan klik link dibawah ini.

GraphicRecorder_7b70_w_1.3gp?c=267582053&u=717121192&s=BMEkNe&z=1102

MERDEKA !!

udet

 

sms ramadhan dari mama pagi ini

Short message service ( SMS ) pagi ini dari nyokap :

Pergunakan waktu dengan banyak beribadah, mengerjakan sholat tarawih, membaca Al Quran, berzikir menjaga ucapan dari hal2 yang tidak baik.

Menonton tontonan yang mengurangi pahala puasa kita

Menjaga aurat terutama bagi wanita

Karena jika kita lakukan semua ini akan menghapuskan dosa2 kita dimasa lalu dan anggaplah Ramadhan ini Ramadhan terakhir bagi kita

Belum tentu kita akan bertemu dengan Ramadhan yang akan datang.

Oleh karena itu pergunakanlah waktumu dengan sebaik-baiknya karena di bulan yang mulia ini Allah SWT melipatgandakan pahalanya dibandingkan dengan bulan-bulan yang lain

dari mama

Semoga bermanfaat

udet

Mendadak Wakil Ketua POMG

Sabtu 23 Juli 2011 kemarin seperti biasa sekolah Khosyi,  PAUD Al Irsyad mengadakan pembahasan acuan tema untuk bulan Agustus 2011 yaitu tentang Ramadhan.  Setelah pembahasan acuan tema selesai dilanjutkan dengan pemilihan ketua POMG  ( Persatuan Orang Tua Murid dan Guru ) yang baru, seketika salah satu bunda menghampiri saya dan mengatakan

” Pak kemarin Mami Khosyi kan keberatan dicalonkan, nah sebagai penggantinya kata Mami, Bapak aja ya ? ”

Waduh !! batin saya bilang, kurang dari 30 detik saya harus memutuskan nih.

Jika dari kebanyakan wali murid apalagi Bapak2 hehe..pasti akan keberatan untuk dicalonkan untuk sebagai ketua POMG dengan segala macam alasan. Tapi saya coba mutar balikan, ini kesempatan yang langka menurut saya untuk coba memberikan manfaat untuk orang lain walaupun cuma sekedar pengurus POMG .

Jika dengan bersedia dicalonkan untuk menjadi ketua POMG, saya berhasil untuk melawan ego dari urusan2 pribadi, urusan pekerjaan, atau urusan keluarga dsb untuk dijadikan alasan.

Teringat pesen dari Mas Ippho Santosa pengarang buku 7 Keajaiban Rezeki, kata beliau ada loh yang bilang begini:

” Kalau saya sih, asal anak bisa sekolah,  punya rumah,  mobil, Alhamdulilah sudah cukup,

kata mas Ippho “inilah manusia yang teregois yang pernah ada, hanya memikirkan keluarga, saudaranya sendiri namun tidak pernah mencoba untuk memberikan manfaat bagi lingkungannya”

Sesuai hadist nabi ” Sebaik-baiknya manusia adalah  manusia yang paling banyak manfaat untuk orang lain ”

Inilah pemikiran saya untuk bersedia dicalonkan, semoga bisa memberikan sedikit banget manfaat untuk orang lain.

I think it’s gonna be fun as well ! hehe..daripada calon ketua KPK  mending wakil ketua PAUD hahaha..

” Oke bunda, boleh boleh ”

Dan 3 orang calon ketua POMG maju kedepan salah satunya dari kaum Bapak yaitu saya :) , dan bunda2 ternyata berkomentar

” wah kemajuan nih, baru kali ini ada calon Bapak2 bersedia dicalonkan loh Pak ”

Beginilah kalo Bapak2 gak mau kalah dengan Ibu2 hahaha.. -> http://lockerz.com/s/122743472

Setelah voting, akhirnya ogut jadi Wakil Ketua, Alhamdulilah gak jadi Ketua hehe..

dengan khosyi lagi

Pengen banget posting pengalaman menarik  ini dari Minggu lalu tapi maless banget, tar sok tar sok begitulah kalo lagi males hehe. Jadi harus dipaksa, paksa, dan paksa semoga nanti jadi kebiasaan tanpa dipaksa 🙂

Sabtu 30 Juli 2011 Alhamdulllilah orderan dagangan istri mayan padat merayap, seperti biasa ogut turut diperdayakan sebagai additional kurir. Tugas pagi ini adalah ke Villa Mutiara jombang yang katanya gak jauh dari rumah. Nah kalo deket2 rumah, Khosyi biasanya mau ikut jalan juga naek motor, doyan banget dia hehe..

Berangkat jam 9 lewat  dengan Khosyi yang masih pake baju tidur lengan panjang lengkap dengan helmnya. Kalau diliat dari alamatnya kata istri dan opa sih deket mencong yang gak jauh dari rumah tapi setelah hampir mentok jalan mencong ketemulah Taman Mutiara bukan Villa  Mutiara. Biar jelas langsung tanya satpamnya dan ternyata benar ini bukan perumahan Villa Mutiara..dang !! 😦

” Wah kalau sawah besar masih jauh mas ” kata satpamnya sambil saya tunjukkin alamat lengkapnya dari hp

Walah piye iki ? mau balik lagi nanggung dan pasti orderan telat nyampe, hari udah mulai siang lagi, Khosyi kasian nanti bakal kepanasan ? Begitulah pikiran saya dan akhirnya ambil keputusan melanjutkan perjalanan 🙂

Karena bakalan jauh nih perjalanan dan Khosyi belum biasa dengan perjalanan jauh apalagi dengan motor maka mau  ogut kasih dia sugesti untuk penyemangat 🙂

Yang menarik dari kejadian ini adalah

Satu sisi sebenernya gak tega sama anak soalnya naik motor, panas, jauh, debu dan sebagainya. Yang biasanya  naik mobil kalau perjalanan jauh  tapi kali ini anek motor. Satu sisi lagi nih orderan mesti dikirim pagi itu juga.

Mari flashback..dimana ogut bicara dan diskusi dengan diri sendiri kurang dari 1 menit untuk mengambil keputusan. Inilah hebatnya manusia, pasti semua pernah ngalamin. Inilah hasil diskusinya dengan merewind/flashback :

Terpikir sering kali pada saat naik mobil,  banyak ogut lihat diperjalanan orang yang gak ada pilihan selain naik motor dengan keluarganya. Kakaknya duduk depan, istrinya sambil gendong adeknya yang diselimuti selimut bayi yang tebal, kepalanya dikasih kupluk/topi agar tidak terkena debu atau sinar matahari yang sedang panas2nya. Dari raut muka keluarga tsb gak ada rasa complain alias tetap ceria.

Nah flashback itulah yang membuat ogut tetap memutuskan melanjutkan perjalanan yang ternyata memang jauuhhh. Sempat berhenti di warung dulu dan Khosyi langsung bilang :

” Papih kok ga nyampe-nyampe ”

” Papih mauu puulaaang… ”

Diwarung ogut beli pulsa yg kebetulan abis + beli minum untuk break sejenak dengan Khosyi.Buka helmnya Khosyi wehh rambutnya keringetan ampe buciisss ( istilah keluarga ) tapi mukanya tetap senyum dan ceria !!

Dalam perjalanan dari Khosyi duduk depan sampai Khosyi minta duduk dibelakang, sampe ogut parno bilangin Khosyi agar ” Khosyi jangan tidur ya..” sambil megangin tangannya supaya pegangin pinggang ogut 🙂

Biar gak tidur dan tetap ceria ogut berhenti dipasar jombang untuk nanya alamat , yang kebetulan ada orang dagang ayam, kambing, bebek dan terus mencoba agar Khosyi menikmati perjalanan dengan menceritakan apa saja yang saya lewati. Dari orang jualan kambing, bebek, lewat stasiun kereta api sudimara, pasar sampe2 pas pulang lewat pasar jombang lagi Khosyi minta berhenti untuk liat bebek, ayam, kaming lagi, it’s fun ! 🙂

Singkat cerita Khosyi tetap ceria  setelah menempuh perjalanan +/- 14 KM ( iseng itung2 di google map ) hehe..

Ternyata ogutnya yang terlalu khawatir 🙂

Setelah nganter orderan kita makan di Texas Superindo dekat rumah, Khosyi abis satu piring.

Mengingat pengalaman ini suka senyum2 sendiri dan gak bakal ogut lupain, kelak kalau lagi stress mungkin bisa baca postingan ini lagi atau nanti kalau Khosyi udah gede dia coba baca postingan ini 🙂

Alhamdulillah..

Udet